Hasil Panen Gaharu 17 Bulan Tim Gaharu Super Kalbar, di taman wisata Singkawang

Pada tanggal 12 maret 2013 kemarin, tim kami gaharu super kalbar melakukan pemanenan hasil inokulasi gaharu setahun yang lalu. Tepatnya ditaman wisata kota singkawang, kalimantan barat. Inokulasi disaksikan oleh banyak orang, diantaranya anggota GSK dari berbagai korwil, anggota dari pemilik batang, kemudian disaksikan juga oleh para pengunjung taman bouganvile yang kebetulan saat itu sedang ramai dikunjungi karena hari libur nasioal perayaan nyepi. Termasuk admin sendiri saat itu juga ikut serta di TKP karena sedang mendapat cuti dari kantor. 

Ada dua batang gaharu yang telah diinokulasi beberapa tahun yang lalu, yang pertama sebatang gaharu yang memang sebelumnya telah diinokulasi oleh tim lain. Berdasarkan informasi dari pemilik batang bahwa sebelumnya gaharu tersebut telah diinokulasi menggunakan inokulan padat (fusarium).
Kemudian sebatang gaharu kedua, yang memang murni menggunakan inokulan (cairan inokulasi) milik dan produksi dari tim kami sendiri. Memang ada perbedaan besar yang tampak antara kedua batang gaharu ini, saat perbandingan hasil pemanen yang mana secara kasat mata bisa dilihat bahwa resin pada batang gaharu pertama memang tidak ada sama sekali. Usia penyuntikan kedua batang mendekati dua tahun, tepatnya 17 bulan. Saat itu, pada batang gaharu pertama tim kami mencoba menyuntikan kembali inokulan cair untuk melihat apa mungkin akan bisa menghasilkan resin, jawabanya ternyata tidak. Kualitas fusarium yang digunakan pada saat penyuntikan pertama oleh tim bukan GSK ternyata justru tidak maksimal sama sekali. Kenapa saya katakan demikian ? itu  karena perbandingan jelas tampak pada gaharu kedua yang mana resin terlihat dengan jelas melingkari kambium pohon, batang yang satu ini memang murni belum pernah digangu. 

Gaharu Super Kalbar : Hasil panen setelah proses carving
Gaharu kedua dengan tinggi 20 meter, ternyata bisa menghasilkan resin hingga kepucuk dahan. Memang, jika dihitung panjangnya potongan batang gaharu yang berisi resin diperkirakan sepanjang 4 meter. Kemudian, setelah proses carving (pembersihan), satu pohon gaharu ini menghasilkan 12 Kg. Kemudian bagaimana dengan kelas yang didapatkan ?? berdasarkan informasi dari pak ketua, 12 Kg ini belum dipilah namun diantaranya memiliki nilai medang A, Medang B, hingga Kelas B.
Gaharu Super Kalbar : Hasil panen 12 Kg campuran
Kemudian hasil inokulasi ini ternyata belum akan kami jual untuk sementara waktu ini, dikarenakan jumlahnya yang tidak banyak maka inisiatif dari tim akan menunggu hasil panen selanjutnya pada tanggal 24 Maret 2013 di kabupaten bengkayang. Semoga saat pemanen nanti diberikan kelancaran dan kemudahan. Karena pada saat itu rencanaya akan dipanen sebanyak 3 Batang gaharu dengan usia 16 bulan.

25 Responses to "Hasil Panen Gaharu 17 Bulan Tim Gaharu Super Kalbar, di taman wisata Singkawang"

  1. Mantap bang andri.... wah jadi semangat nich yang di jambi,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, doakan semakin sukses buat kita semua

      Delete
  2. Muhammad TaftazaniMarch 20, 2013 at 8:30 AM

    kalau saya melihat bukan semata-mata apa yang disuntikkan bisa jadi pohonnya punya daya tahan yang bagus sehingga recovery. Karena banyak faktor. Inokulan padat pun pernah saya lihat menghasilkan yang bagus. Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mencapai kepadatan ? Karena posisinya mati dari pinggir tentunya tengahnya akan mati secara perlahan dikarenakan gaharu tidak memiliki berkas pengangkut yang terlihat tegas, dia mirip tali yang berpilin namun padat. Sehingga tengahnya setelah beberapa tahun akan berlubang. Itu kalau anda menginginkan gubal sebagai produk akhir. Waktu tetap berpengaruh, tidak bisa dipercepat. Kedalaman baunya pun akan berbeda dengan gaharu alam. Maaf kalau rewel :) sekedar masukan untuk membangun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pak, atas ide dan masukanya. Sebenarnya kami hanya ingin melihat seberapa efektif inokulan cair yang telah kami buat. Tanpa mempertimbangkan kondisi batang gaharu hingga mengering, maka pada tanggal 12 kemarin kami menebangya. Alhamdulilah bisa dapet 12 kg hanya hingga kelas B. Waktu memang sangat menentukan pak, saya sendiri melihat pada lingkaran kambium itu sepertinya akan berlubang karena kondisi kambiumnya sedikit melapuk. Jika dipertahankan lebih lama lagi, hasilnya saya yakin bisa seperti gubal yang pak taftazani katakan.

      Delete
  3. Sukses untuk pak Yamin GSK dan TIM, serta teman-teman GSK di provinsi lain....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Terimkasih pak atas doanya. Sukses buat kita semua

      Delete
  4. mantap nih, saya betul2 kurang paham soal gaharu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar aja pak, tidak sulit juga menanam. yang penting ada kemauan, biaya, dan lahan. perkarangan rumah juga bisa ditanam gaharu. karena gaharu ini cocok dijadikan pohon perindang. Diluar banyak sekali para pakar gaharu pak, kalau ingin bertanya kami GSK siap dihubungi :)

      Delete
  5. terima kasih infonya semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  6. Mau tanya pak di mana kita bisa mendapat kan serum nya pak . Terima kasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf pak hamsah, untuk serum/inokulan GSK tidak menjualnya. Coba bapak cari di google yang menjual inokulan ini. Kebanyakan yang mejual dari malaysia, sementara kami memproduksi untuk kebutuhan para petani yang bergabung dan bekerjasama. Dan saat ini, inokulan yang kami gunakan terkadang kurang. :)

      Delete
  7. bolehkah petani dari luar daerah misal kaltim ikut bergabung? gmn caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh pak, tidak masalah. karena dalam waktu dekat ini (januari 2014) ada rencana kita akan membuka cabang baru di Kalimantan timur. silahkan ikut terus perkembangan blog ini pak

      Delete
  8. Semoga semakin sukses pak dengan gaharunya.

    ReplyDelete
  9. gaharu alam yang di petik dari pohon yang telah roboh di mana sebagian telah di makan rayap dan tersisa bongkahan 2 yang berwarna kuning tua dan beralur hitam , apakah masih punya nilai jual ? terima kasih Mulyadi










    ReplyDelete
    Replies
    1. masih pak, sangat berharga bahkan jika memang kualitasnya bagus. Bisa ditest sebagai standarisasi yang digunakan para buyer gaharu adalah tenggelam diair dan hitam (tampak resin memenyeluruh dibagian batang) silahkan kontak penjual terdekat pak, jangan ragu untuk memasang harga tinggi selama kualitas oke.

      Delete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Diskusi di sini sangat komunikatif dan mencerahkan. Di mana ada keraguan diberikan bimbingan, di mana ada pertanyaan diberikan penjelasan . . .
    Sukses selalu Gaharu Super Kalbar . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak elias tana morning :) Semoga blog ini bisa membantu. Atas apa yang saya tulis hanya berdasarkan pengalaman, ide, serta kisah-kisah teman-teman berkecimpung didalamnya. Maka dari itu apa pun itu yang bersifat membangun, baik dari sisi positif maupun negatif akan saya rangkum sebaik-baiknya. Dengan harapan tentunya bisa mejadi motivasi buat tim GSK. Salam Gaharu !

      Delete
    2. Salam kenal. Saat ini saya punya 500pohon Gaharu siap untuk inokulasi di daerah Banten. Mohon bisa bantu beri info Tim Konsultan / Pelaksana inokulan yg sudah berpengalaman di daerah Banten/Bogor. Terimakasih.

      Delete
  12. saya sdh investasi gaharu ini kebetulan melalui cabang GSI KALSEL dengan persentasi bagi hasil enam puluh lima % yg sya mau tanyakan kalau budidaya 1 pohonnya kira2 bisa dapat brp Rp/pohon ??? n stlh sy buka2 td disini tertera bagi hasilnya 70%-30% knpbi sa b e rbrd a pdhlkan ini cbng dr GSK jg? mhon djlskan
    Tkb.

    ReplyDelete
  13. pak sariman kebetulan GSK cabang Jawa Barat sudah ada, kepala cabangnya ibu tati, tapi untuk jelasnya bapak bisa hub. saya 085245059927 sulistyanto (budidaya) GSK cab. Jawa Barat

    ReplyDelete
  14. Pak Sariman, untuk lebih jelas bpk bisa hub. kepala Cabang GSK Jabar, (Ibu Teti), atau hub saya sulistyanto 085245059927 (budidaya)

    ReplyDelete
  15. Berapa Tahunkah gaharu bisa di panen setelah penanaman selesai terimakasih

    ReplyDelete

Komentar mengandung promo dihapus, jika ada penawaran bisa kirim via kontak email. Form sudah tersedia.

Terimakasih pengertiannya.
Salam Gaharu Super !