Hasil Carving Panen Kayu Gaharu Cabang Jambi, Pasca 15 Bulan Inokulasi

Advertisement
Foto Ketua Cabang (Suprayitno) dan Ketua pusat GSK (M. Yamin)

Pada tanggal 20 Agustus 2013 yang lalu, GSK cabang Jambi Harus dihadapkan pada batang gaharu yang tumbang sebelum masa panenya tiba. Gaharu milik pak Suroto dengan Nomor Registrasi 436 diinokulasi pada tanggal 20 Maret 2012 tumbang secara tiba-tiba setelah diterpa angin kencang yang berlokasi di Alamat Desa Parit Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi Prov. Jambi. 

Batang gaharu ini belum seharusnya untuk dipanen, akan tetapi karena kondisi batang yang bisa dibilang berdiameter tidak kecil yaitu berukuran sekitar 40 cm dan tinggi sekitar 12 meter tidak mampu menahan beban lebih besar karena hujan & angin. Penyuntikan dilakukan sekitar 15 bulan yang lalu, jauh lebih cepat masa panennya dibandingkan dengan panen yang GSK Pusat Lakukan di Bouganvile yang usia inokulasinya sekitar 17 bulan. 

Tindakan carving (pembersihan) segera dilakukan oleh ketua GSK cabang jambi an. Suprayitno. Hasilnya tidak mengecewakan, Hasil panen ini ternyata masuk dalam Kelas Medang A Padat seberat 100 Kg, estimasi susut 40-60% (berat 100 kg ini masih terkandung air didalam batang). Kemudian, berhubung GSK Jambi memiliki alat suling gaharu, cacahan medang campur sebanyak 5 Kg segera disuling dan mendapatkan 15 Ml minyak asiri (Aromanya wangi).

Foto Ketua Pusat dan Hasil Panen Jambi
Beberapa waktu yang lalu juga, ada buyer dari vietnam yang minta pak suprayitno untuk membuka harga lelang dan buyer tersebut sepertinya tertarik untuk membeli. Seperti yang terlihat pada chat pak yitno dan buyer, kalau saya lihat si buyer ingin mencari bahan dasar untuk pembuatan gelang (tasbih). Namun jika memang tidak ada pilihan, lelang akan dibuka dengan harga 4 juta/kg, dengan penawaran harga minimal 1.5 juta/kg, dan pak yitno diperbolehkan menjual setelah mendapatkan persetujuan dari ketua Pusat pak M. Yamin

Semoga ini cukup menjadi referensi buat teman-teman, saya masih menunggu berita selanjutnya dari cabang dan Korwil-korwil GSK, kapan panen dari setiap TIM dan berita menarik lainnya. Butuh waktu dan kesabaran, buat teman-teman yang masih menunggu tetaplah bersabar. Bravo, bravo, bravo !
Advertisement

4 Responses to "Hasil Carving Panen Kayu Gaharu Cabang Jambi, Pasca 15 Bulan Inokulasi"

  1. Sya mau tanam gaharu lahan ada tapi modal ngak ada kalau Gsk berminat tgl hub saya agung 08126621388

    ReplyDelete
  2. kalau saya bisa gabung pak?apa syarat nya?

    ReplyDelete
  3. saya punya lahan 3 ha rencana mau tanam gaharu
    mohon petunjuk

    ReplyDelete
  4. Saya berminat tanam gaharu mohon info jelasnya dari tanam sampai panen ke email saya ahmadnusirwan@gmail.com terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete

Komentar mengandung promo dihapus, jika ada penawaran bisa kirim via kontak email. Form sudah tersedia.

Terimakasih pengertiannya.
Salam Gaharu Super !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Advertisement