Penyuntikan Gaharu Super Kalbar yang ke 6001 Di Kalimantan Tengah, Cerita mengenai Perjuangan Usaha dan Waktu

Advertisement

Perjalanan GSK kali ini terbilang cukup melelahkan, memakan waktu cukup lama dan tenaga yang luar biasa dan harus dengan ikhlas tentunya kita korbankan. Ketua gaharu super kalbar, M. Yamin bersama 2 anggota inokulasi yang sudah ahli yaitu Pak Ilyas dan Siska merupakan teman setia saat itu selama perjalanan menempuh lintas batas kalimantan barat dan kalimantan tengah. Perjalanan ini kurang lebih menempuh sekitar 1700an KM dan memakan waktu sekitar 35 Jam lamanya.

Mengapa begitu lama ? hal ini memang dikarenakan ada kendala diluar teknis yang terjadi, yaitu di jembatan bejarum sampit, kalimantan tengah rusak parah karena pondasi retak di tabrak oleh kapal motor (tongkang) bermuatan biji besi. Hal ini menyebabkan antrian panjang hingga 10 KM dari posisi jembatan. Kemudian bagaimana kami bisa menyeberang ? Alternatif lain untuk menghindari kemacetan yang lebih panjang, maka pemda setempat mengadakan penyeberangan darurat menggunakan kapal veri. Nah veri inipun hanya mampu mengisi 15 Unit mobil pribadi sekali jalan, kemudian untuk truck hanya bisa diisi 7 sd 8 unit.
Keberangkatan pak yamin tidak hanya semata-mata untuk menginokulasi, ada 6000an polibag bibit gaharu yang juga diangkut dari kantor pusat GSK disingkawang menuju cabang baru kami di Muara tewe. Bibit ini diangkut menggunakan truck ekspedisi, yang juga harus ikutan mengantri bahkan lebih lama hingga 3 sd 4 hari. Sementara untuk mobil pribadi "hanya" memakan waktu 15 jam lamanya. Total perjalanan Pulang dan Pergi menuju kota tetangga west borneo ini memakan waktu hampir 1 minggu.


Selain inokulasi, kami juga membahas banyak hal mengenai bibit gaharu, rencana pengembangan inokulan, dan pembukaan cabang baru gaharu super kalbar nantinya di kalimantan timur. Antusiasme para warga disekitar lokasi penyuntikan sungguh luar biasa, dengan ini kami sempatkan mengabadikan foto bersama mereka. Terlihat diatas, salah satu anggota dari GSK yang melakukan pengeboran sebelum kami masukkan inokulan. Perlu anda ketahui bahwa diameter untuk gaharu yang kami inokulasi ternyata sangat besar, yaitu sekitar 3 meter dan menghabiskan sekitar 50 Ltr inokulan.

Luar biasa, semoga perjuangan GSK korwil dan cabang, Niat Petani, Pandangan Pemerintah akan menjadi padu dalam 1 keinginan yang sama, yaitu kita bisa melihat sebuah kesuksesaan, keberhasilan, dan kesejahteraan untuk kita bersama. Tidak terkecuali juga termasuk  pandangan dunia tentang gaharu terhadap indonesia. Hal yang baik hari ini tentu akan menghasilkan yang baik nantinya.
Advertisement

0 Response to "Penyuntikan Gaharu Super Kalbar yang ke 6001 Di Kalimantan Tengah, Cerita mengenai Perjuangan Usaha dan Waktu"

Post a Comment

Komentar mengandung promo dihapus, jika ada penawaran bisa kirim via kontak email. Form sudah tersedia.

Terimakasih pengertiannya.
Salam Gaharu Super !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Advertisement