Seperti Apa Standar Panen Kayu Gaharu Saya ? Berikut Versi GSK

Advertisement

Kali ini mari kita pahami bersama-sama mengenai standarisasi panen kayu gaharu yang tepat. Tulisan ini bukan bertujuan untuk mengurui teman-teman semua, akan tetapi justru dimaksudkan agar kita bersama bisa mengerti dan paham kapan waktu yang tepat untuk penebangan/panen kayu gaharu pasca inokulasi.

Berdasarkan pengalaman yang sudah terlewati beberapa tahun lalu, GSK juga telah melewati beberapa proses "gagal" pada saat inokulasi hingga panen. Hal ini tidak bisa dipungkiri, karena bagaimanapun juga kegagalan adalah guru yang paling berharga bagi kita yang bijak dalam mengusahakan segala sesuatu. Atas dasar gagal inilah justru timbul inovasi agar kegagalan itu tidak terulang kembali, bahkan justru memberikan sesuatu yang luar biasa. GSK juga pernah gagal dalam hal ini, dalam proses inokulasi, dalam proses membangun kepercayaan, dalam proses panen termasuk juga pembuatan vaksin. Namun, itu semua harus disyukuri, karena gagal inilah yang memberikan banyak sekali ilmu bagi GSK dan teman-teman lainnya. Nah, berkaitan dengan ini, diharapkan kepada teman-teman tetap pada jalurnya, tetap konsisten agar hasil yang didapat juga bisa maksimal.

Bagaimana dengan gaharu saya ? gagal kah nanti ? atau akan menghasilkan banyak sekali gubal ? Pasca inokulasi merupakan masa menunggu yang cukup lama, menginokulasi gaharu itu ibarat menanam modal dalam perdagangan uang (mis. FOREX), inokulan itulah brokernya (Pialang penyedia jasa jual beli). Nah, jika broker anda bagus insyallah, hasilnya juga akan bagus. Berkaitan dengan ini, anda perlu sekali memahami & mengerti kualitas inokulan anda. Jika anda hanya membeli, tidak melihat kualitas, melihat sekilas kemudian langsung aplikasi dilapangan, kami khawatirnya itu akan gagal. Belajar tidak harus dengan GSK, banyak juga tim inokulasi yang handal diluar sana, atau belajar cara inokulasi yang baik melalui buku atau literatur yang ada di google.




Anda tidak perlu tergiur melihat foto hasil inokulasi yang hanya dalam 1 - 2 bulan telah nampak sekali hitam pekat pada setiap lubang suntikan. Bagi kita yang "mungkin" awam akan melihat ini sebagai sesuatu yang luar biasa, namun tidak bagi mereka yang mengerti. Akan tetapi, bukan berarti itu tanda bahwa inokulasi tersebut gagal. Berkaitan dengan ini, berikut hasil dari survei teman-teman GSK yang dapat dijadikan tolok ukur sukses atau tidaknya inokulasi anda.

Perkembangan Fisik Batang Pasca Inokulasi
  1.  Secara fisik pohon gaharu ini akan ditandai dengan daun menguning dan rontok pada masa1 sd 2 bulan setelah inokulasi,
  2. Pohon gaharu ini akan tumbuh subur kembali, dan akan menggugurkan daun pada usia inokulasi 8 sd 10 bulan, dan pucuk ranting akan rontok. Sampai saat itu, maka hasil inokulasi sudah mencapai keberhasilan 60%,
  3.  Untuk masa setelah inokulasi 3 sd 10 bulan, ciri-ciri dominan jika memang inokulasi ini sukses ditandai dengan Pohon menimbulkan bau khas gaharu, jika dibakar juga akan mengeluarkan aroma gaharu, dan warna kayu secara fisik pada batang akan terlihat berwarna coklat tua/hitam.
  4.  Pohon benar-benar sukses dalam proses inokulasi tidak harus ditandai dengan pohon yang mati, karena kecenderungan untuk "AKAN GAGAL" lebih besar jika memang pohon yang diinokulasi ini mati.
Jika gaharu yang anda inokulasi ini berdiameter 30 cm, maka rentang waktu terbaik antara masa inokulasi dan masa panen adalah sekitar 24 bulan. Ini juga berlaku untuk tanaman gaharu budidaya yang memiliki diameter berukuran relatif lebih kecil. Asumsi kami lebih lama akan lebih baik. Nanti akan kami posting hasil panen gaharu jambi yang menggunakan standarisasi ini.

Yang menjadi pertanyaan kami, bagaimana dengan anda ? jika memang anda punya cara, teknik, bahkan tips yang baik berkaitan dengan inokulasi gaharu, silahkan ceritakan pada komentar dibawah ini. Jangan lupa like via facebooknya, atau bantu berikan +1 via Google Plus, silahkan dishare juga untuk menghargai tulisan ini dan bantu kami berkembang lebih baik lagi. Salam Gaharu !!!
Baca juga artikel kami sebelumnya, Tips tepat menanam gaharu 
Advertisement

4 Responses to "Seperti Apa Standar Panen Kayu Gaharu Saya ? Berikut Versi GSK"

  1. panen kami yang satu tahun pasca inokulasi masih masuk kelas kemedangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah mantap itu bu, diusahakan agar kedepan bisa menunggu lebih lama :D

      Delete
  2. standarnya kok tidak tertera ?

    ReplyDelete

Komentar mengandung promo dihapus, jika ada penawaran bisa kirim via kontak email. Form sudah tersedia.

Terimakasih pengertiannya.
Salam Gaharu Super !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Advertisement